Search This Blog

Saturday, February 9, 2013

“SIRA SEPING” SAMBAL MUSIMAN KHAS SUMBAWA


Jika Malang terkenal dengan buah apelnya dan Bali terkenal dengan buah salak balinya, lain lagi dengan pulau Sumbawa yang terkenal dengan buah asam jawanya. Entah kenapa buah ini disebut asam jawa namun yang jelas pohon asam jawa ini cukup banyak ditemukan di daerah Sumbawa. Masyarakat Sumbawa sendiri gemar menggunakan buah asam jawa terutama sebagai bahan masakan. Jadi, jangan heran jika masakan-masakan khas Sumbawa rasanya sedikit asam.
Salah satu masakan khas Sumbawa yang menggunakan asam jawa sebagai bahan utamanya adalah Sira Seping. Sira artinya sambal dan seping artinya buah asam jawa yang masih muda. Jika diartikan sira seping adalah sambal buah asam muda. Sira seping hanya dapat dibuat pada musim pohon asam jawa berbuah muda tanpa biji yaitu pada bulan Januari hingga Maret. Jika musim seping tiba biasanya masyarakat Sumbawa akan membuat sira seping dan mulai meninggalkan kebiasaan menggunakan tomat sebagai bahan sambal. Cara membuat sira seping cukup mudah. Anda tinggal menggilis sampai halus semua bahan sambal yang terdiri dari cabe rawit, terasi, garam, sedikit penyedap, dan tidak lupa segenggam seping sebagai pengganti tomat.
Memasuki bulan April buah asam jawa akan mulai berubah menjadi buah matang yang disebut bage. Tibanya musim bage ini menandakan saatnya berhenti membuat sira seping dan mulai membuat masakan-masakan khas  Sumbawa lainnya yang berbahan bage.
            Sedikit disayangkan, kini pohon asam jawa sudah jarang ditemukan di daerah Sumbawa. Menurut Masyuri, S. E. yang pernah menulis artikel pohon asam jawa yang tumbuh di Sumbawa, pohon asam kini sudah berkurang populasinya seiring dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat akan lahan dan bahan bangunan yang semakin meningkat. Melihat kondisi ini diharapkan agar masyarakat Sumbawa lebih peduli akan lingkungan sekitar dengan tetap menjaga populasi makhluk hidup yang ada.   (HW_ Hendra Winata)

2 comments:

  1. Kirain asam jawa tuw dri jawa, ternyata dri sumbawa yaa...
    tpi namanya ko' asam jawa...?!

    ReplyDelete
  2. hehega tau juga sih, mungkin asalnya dari jawa tapi tenarnya di sumbawa :)

    ReplyDelete