Search This Blog

Wednesday, June 13, 2012

Banyak Ayam Mati Mendadak Di Desa Air Suning


Warga Desa Air Suning Kec. Seteluk yang rata-rata memelihara ayam  diresahkan oleh banyaknya ayam yang mati secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, bukan saja ayam yang kecil yang terkena dengan penyakit ini tapi ayam yang besarpun terkena juga, bahkan yang sedang mengerami telurnyapun tak luput dari intaian penyakit mematikan ini.
            Menurut keterangan Hj. Jamila salah seorang warga mengatakan bahwa dirinya terkejut sekali pada saat mau memberi pakan unggasnya pada waktu pagi melihat beberapa ekor ayam peliharaannya terkujur kaku, padahal pada waktu memberi pakan pada hari sebelumnya sebelumnya ayam-ayam tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda kalau mereka terjangkiti oleh penyakit atau lainnya.
Hal serupa juga dialami oleh Alen Ramdani, salah seorang pemuda yang hobi memelihara ayam Bangkok mengatakan bahwa  “saya mengira bahwa ayam saya ada yang kasi makan racun karena kurang lebih ada 6 ekor ayam jantan saya mati secara tiba-tiba, tapi setelah saya teliti lebih jauh ternyata tidak ada tanda-tanda bahwa ayam-ayam saya makan racun”. Alen Ramdani juga menambahkan bahwa “saya hanya melihat ayam-ayam tersebut kurang nafsu makan sehari sebelum matinya, tapi saya tidak begitu serius menanggapinya”.
Akibat dari kejadian ini, masyarakatpun jadi resah karena selain berdampak kepada ekonomi mereka, hal ini juga menjadi tanda tanya apakah ternak mereka terkena penyakit yang biasa terjadi setiap pergantian musim atau bukan. Oleh sebab itu masyarakat berharap kepada pemerintah desa untuk segera melaporkan kejadian ini kepada dinas terkait yakni Diskanlutnak agar dinas terkait turun ke lapangan untuk menyelidiki apakah penyebab banyaknya ayam yang mati mendadak itu terjangkiti flu burung yang lebih dikenal dengan virus H5N1 atau bukan. (Azmi)

1 comment: