Search This Blog

Friday, December 20, 2013

LAPORAN KEGIATAN MOTIVATOR KM. MESRA SETELUK BULAN NOVEMBER 2013


No.
Hari, Tanggal
Bentuk Kegiatan
Materi
Lokasi
Keterangan
1
Senin,
4 November
2013
Bincang-bincang
Tempat-tempat bersejarah di Kecamatan Seteluk
SMKN 1 Seteluk
Tempat-tempat tertentu di daerah Seteluk yang selama ini dianggap  tidak terlalu berarti ternyata menyimpan berbagai kenangan sewaktu zaman penjajahan Belanda. Seperti tanjakan di pamongo misalnya. Tanjakan yang merupakan tanda batas desa seteluk itu merupakan tempat yang paling sering digunakan sebagai berhentinya para pasukan Belanda untuk beristirahat. Selain itu terdapat pula jembatan tua di daerah sepakek yang dulunya pernah disiram minyak tanah dan dibakar pada saat pasukan Belanda melintas diatasnya.
2
Senin, 4 November 2013
Bincang ringan
Bulan Desember warga Desa se - Seteluk siap tanam padi

Desa Tapir Seteluk dan SMKN 1 Seteluk
Banyak sudah petani-petani yang mengeluh dengan musim yang tak menentu ini. Betapa tidak, di minggu ke tiga November ini petani-petani Seteluk baru mulai menebar benih padinya. Jauhnya sumber mata air juga turut menjadi penyebab petani Seteluk terlambat menebar benih. Nasib baik masih berada di pihak petani di sebagian daerah di Kabupaten Kota Sumbawa Barat Brang Rea dan sekitarnya. Dalam setahun petani-petani di sana dapat bercocok tanam hingga tiga kali panen. Hal ini terjadi lantaran daerah tersebut sangat dekat dengan sumber air.
3
Rabu,
6 November 2013

Belajar membuat tas daur ulang dari bekas minuman

Tas daur ulang dari bekas minuman
Kantin Esemka Saset
Sebuah tas daur ulang dari bekas minuman buatan ibu kantin Esemka Saset mungkin rasanya sulit sekali untuk dibuat jika terlihat sepintas. Namun dijelaskan ibu kantin, semua orang sebenarnya dapat membuatnya sendiri jika mau. Terlalu mudah katanya, asalkan melihat sekali saja caranya pasti bisa. Mudah memang, hanya saja waktunya yang lama. Itulah sebabnya tas hand made dari sampah gelas plastic ini menjadi mahal.
4
Sabtu, 
23 November
2013
Latihan mengibarkan bendera
Menyambut hari guru nasional
SMKN 1 Seteluk
Guru yang digugu dan ditiru. Kata-kata itulah yang menjadi penyemangat guru untuk menjadi lebih baik demi masa depan anak-anak didiknya. Dari itu pula, melalui hari guru nasional guru berusaha memberikan contoh yang lebih baik dalam pelaksanaan upacara bendera pada hari senin. Pada hari itu, seluruh petugas upacara yang biasa diemban oleh siswa digantikan oleh guru.
5
Sabtu,
30 November
2013
MC dan Pengajian
-    Sahnya shalat dan Hal - hal yang termasuk najis sehingga membatalkan shalat
-    Membagikan sembako kepada masyarakat Tapir yang membutuhkan
Masjid Nurul Iman
Sekarang ini sudah sangat jarang ditemukan kegiatan-kegiatan pengajian. Hanya kelompok-kelompok orang tertentu saja yang masih mengadakan pengajian seperti kalangan orang yang benar-benar menyadari bahwa menuntut ilmu islam tak kalah pentingnya daripada ilmu-ilmu lainnnya. Syukur saja sebagian besar masyarakat Tapir masih menyadari itu. Buktinya, dalam pengajian yang mereka gelar setiap akhir bulan itu, selalu saja diikuti oleh banyak warga Tapir dengan antusias.
                                                                                                                                             (HW_ Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment