Search This Blog

Tuesday, January 14, 2014

SISWA SMK SIAP TERJUN KE DUNIA INDUSTRI



(Mesra Seteluk - 13/01/13) Praktik Kerja Industry atau biasa dikenal dengan sebutan prakerin tak dapat dilepaskan dari bagian SMK. Ini disebabkan oleh perihal prakerin yang memang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah RI dan Peraturan Mendiknas. Dalam peraturan itu dijelaskan bahwa SMK mesti melaksanakan Pendidikan System Ganda (PSG) / Prakerin / magang agar siswa-siswa SMK dapat mengimplementasikan teori-teori yang telah diperolehnya di sekolah ke dunia kerja yang sesungguhnya sesuai dengan keahlian masing-masing. Sehingga dengan begitu, siswa-siswa SMK siap bekerja jika telah menyelesaikan studi di SMK atau melanjutkan studi ke bangku kuliah jika siswa menginginkan.

Sesuai dengan Hukum landasan Pendidikan Sistem Ganda yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI dan Permendiknas itulah SMKN 1 Seteluk di semester genap ini melepaskan siswanya melakukan prakerin ke berbagai tempat. Pelepasan siswa prakerin digelar pukul 08.30 kemarin pagi di halaman sekolah. Menurut kanahan, S. T. salah satu panitia prakerin, siswa-siswa Esemka Saset akan disebar ke berbagai wilayah diantaranya Mataram, Sumbawa Besar, Alas, Kecamatan Seteluk, Taliwang, bahkan hingga ke Maluk. Siswa-siswanya sendiri mengaku senang ketika ditanyai mengenai prakerin yang akan segera mereka jalani. “Sebenarnya semenjak ujian semester ganjil kemarin kami sudah menanti-nanti kegiatan prakerin ini. sepertinya pekerjaan yang akan kami lakukan di lokasi nanti sangat mengasyikkan. Inilah saatnya kami menerapkan secara nyata teori-teori yang pernah kami peroleh selama setahun setengah belajar” tutur salah seorang siswa jurusan Multimedia.
Dampak setelah menjalani prakerin sangatlah besar bagi siswa khususnya siswa SMK diantaranya dapat menumbuhkan etos kerja yang baik dalam dunia kerja di bidangnya. Semoga saja melalui prakerin ini mutu dan siskap profesional siswa-siswa SMK kita dapat meningkat dan siap memasuki dunia kerja nantinya. (HW_ Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment