Search This Blog

Wednesday, April 30, 2014

Souvenir dari Kulit Kerang



Kulit kerang yang biasa ditemukan di pinggir laut dan tak bernilai kini dapat bernilai tinggi jika kita memanfaatkannya. Misalnya dijadikan hiasan meja atau souvenir yang indah. Kalau anda berjalan-jalan ke pantai senggigi atau di sepanjang jalan sebelah kanan mataram mall, anda mungkin akan banyak menemukan barang-barang souvenir berbahan kulit kerang ataupun batu karang. Souvenir-souvenir ini begitu cantik dan unik. Maka tak heran harganya pun relative mahal. Maklum, proses pembuatan souvenir-souvenir dari laut sebagian besar membutuhkan keahlian khusus sehingga souvenir dihasilkan terlihat indah.


Ada pula souvenir-souvenir yang sebenarnya dapat anda buat sendiri tanpa perlu keahlian khusus membuat souvenir. Misalnya souvenir yang dibuat oleh siswa Esemka Saset di atas. Terlihat indah namun sederhana. Benda yang anda perlukan hanyalah beberapa butir kulit sejenis siput, batu karang, dan beberapa keping kulit kerang yang sudah dibersihkan. Jika kedua bahan dasar itu sudah anda miliki, anda tinggal merekatkan seluruh bahan dengan lem porselen menjadi bentuk yang unik sesuai bentuk yang diingnkan. Anda pula dapat menyemprotkan sedikit pylox bening untuk memberi efek mengkilap. Alhasil, jadilah sebuah hiasan meja yang unik.
Souvenir ini awalnya ide dari sekelompok remaja Seteluk yang kemudian diajarkan ke seorang guru kewirausaahan di Esemka Saset. Kebetulan tanggal 30 April tadi pagi digelar acara perpisahan siswa kelas XII angkatan ke VII. Akhirnya Zulkarnaen yang merupakan guru kewirausahaan Esemka Saset mengambil kesempatan itu untuk memamerkan hasil karya siswa-siswinya kepada pengunjung dari luar sekolah. Sekedar informasi, souvenir buatan siswa esemka saset ini dijual mulai harga Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000. Anda tertarik membelinya?? (HW)

1 comment: