Search This Blog

Sunday, June 8, 2014

Sharapova kalahkan Halep dan Raih Title Rolland Garros Kedua






Beberapa tahun lalu setelah Sharapova hanya mampu mengumpulkan 3 title grandslam, dunia tenis sepertinya menganggap Maria Sharapova sebagai petenis yang hanya dapat bersinar sebentar lalu hilang. Di tambah lagi dengan perjalanan karirnya yang selalu dipenuhi perjuangan dan cedera panjang pada bahu yang dideritanya membuat penonton pesimis akan prestasinya di masa datang. Namun pada akhirnya si cantik asal Rusia ini tampaknya mendapat cambukan keras untuk terus berjuang dan melengkapi title grandslamnya tahun 2012 di Prancis Terbuka. Tak hanya itu, moment kemenangan itu terulang lagi di grandslam berlapangan tanah liat itu tahun 2014.

Semula Sharapova memang menjadi salah satu pemain yang diprediksikan akan mememangi turnamen Rolland Garros selain Serena Williams. Ini dikarenakan Sharapova merupakan petenis berperingkat tujuh dunia ditambah lagi dengan match result yang baik tanpa kehilangan satu set pun di babak pertama hingga ketiga. Ketika menginjak babak kedua kabar mengejutkan datang dari Serena Williams dan Venus Williams yang kalah secara bersamaan tetapi di lapangan yang berbeda. Otomatis Sharapova lah satu-satunya pemain unggulan dunia yang dapat diandalkan untuk memenangi title Rolland garros.
Di ronde ke empat hingga semifinal Sharapova kembali kehilangan permainannya. Tiga ronde terakhir sebelum final itu, sharapova benar-benar diuji mental juaranya untuk menggapai poin-poin kritis dengan match result tiga set masing-masing ronde. Jauh berbeda dengan Simona Halep asal Rumania yang berperingkat empat dunia. Simona Halep tak kehilangan satu set pun mulai dari ronde pertama hingga semi final. Match result ini tentunya membawa bayang-bayang kekalahan pada Sharapova yang harus berhadapan dengan Halep pada partai final. Ditambah lagi, statistic permainan halep lebih baik dibanding Sharapova terutama pada servis. 
Diakui memang halep memiliki servis dan pukulan yang cukup solid. Buktinya pada final prancis open yang berlangsung 7 Juni kemarin di wilayah Rolland garros, Halep lebih jarang melakukan double fault. Selain itu pukulan Halep terkontrol dengan baik dan lebih sedikit melakukan unforced errors. Meski demikian, kemampuan bermain sharapova tidak juga dianggap remeh. Sharapova yang lebih berpengalaman bermain di lapangan tanah liat ini benar-benar menunjukkan permainannya terutama pada set ketiga yang menghasilkan poin winners hingga 14 kali. Hasilnya, muncullah Sharapova sebagai pemenang grandslam prancis terbuka 2014. Dengan kemenangannya ini, sharapova sudah berhasil mengumpulkan lima gelar grandslam. Dua diantaranya prancis terbuka dan masing-masing satu di wimbledon, Australia open,  dan US open. Tanggal 25 Juni nanti petenis-petenis dunia tentu tak mau melewatkan kesempatan bermain di turnamen grandslam berlapangan rumput alias Wimbledon. Akankah Sharapova menang lagi mengulang kemenangan seperti 10 tahun lalu? Kita liat saja nanti. (HW)

Referensi: 
Rolland garros highlights, tayang fox Sport pada minggu 8 JUni pukul 08.00 WITA
 
Sumber foto: rollandgarros.com

2 comments:

  1. Sebenarnya sih dukung Halep, tp Sugarpova emang maen bagus..

    ReplyDelete