Search This Blog

Sunday, June 10, 2012

Gotong Royong Tumbuh Subur Di Dusun Mongal


Pembangunan Mushalla
Semangat gotong royong masyarakat Mongal Desa Tapir Kec. Seteluk tergolong masih sangat kuat. Hal ini terlihat ketika kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang diadakan di dalam kampung. Setiap warga akan selalu melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan tersebut.

       Tidak hanya dalam kegiatan kemasyarakatan, kegiatan seorang warga membangun rumahpun masih dilakukan secara gotong royong. Pembangunan rumah yang dimaksudkan adalah rumah panggung, rumah yang terbuat dari bahan kayu. Warga akan secara serta merta berdatangan ke lokasi pembangunan rumah panggung dengan kesadaran masing-masing sambil membawa alat sendiri dari rumah mereka.
Dengan pembangunan secara gotong royong ini, warga yang satu dengan yang lain sangatlah terbantu. Bahkan waktu penyelesaiannyapun terhitung singkat dengan banyaknya pekerja yang ikut ambil bagian sesuai keahliannya.
Kegiatan unik lainnya ketika gotong royong adalah pada waktu makan tiba. Warga terkadang membawa nasi dari rumah mereka masing meskipun pemilik rumah sudah menyediakannya, mereka makan bersama-sama dan  inilah yang menjadi nilai tambah tersendiri dalam kegiatan gotong royong di dusun ini.
Saat ini, warga Mongal sedang membangun mushalla, itu pun dilakukan secara bergotong-royong. Kepala Dusun Mongal, Harpan, membagikan kupon kepada setiap warganya. Kupon tersebut berisikan jadwal hadir dalam kegiatan gotong royong. Semua warga dibagi kedalam tujuh hari kerja, sehingga setiap harinya akan ada warga yang membantu kegiatan pembangunan yang sedang berlangsung.

No comments:

Post a Comment