Search This Blog

Saturday, July 7, 2012

Merumput Merupakan Tabungan Masa Depan

Photo Jerianto yang sedang merumput

Setiap orang pasti mengharapkan masa depan mereka jauh lebih baik dari sebelumnya, mereka akan melakukan usaha apa saja agar masa depan mereka cerah.
Hal inilah yang dilakukan oleh Jerianto yang akrab dipanggil Jeri yakni salah seorang remaja Desa Lamusung Kec. Seteluk yang sekarang ini telah duduk di bangku kelas 1 SMA. Dia melakukan aktivitas selain menuntut ilmu di bangku sekolah, dia juga setiap pulang sekolah pergi merumput untuk pakan ternaknya yang berjumlah 2 ekor. Dia melakukan aktivitas ini sejak duduk di bangku kelas 4 SD untuk membantu orang tuanya.

Menurut keterangan orang tuanya yakni pak Jamaluddin mengatakan bahwa “saya melihat Jeri sangat rajin membantu saya dalam mencari rumput, akhirnya saya memberikan tanggung jawab kepadanya untuk memelihara 1 induk sapi yang nantinya anak dari sapi tersebut akan menjadi miliknya”.
“Dengan ketekunannya tersebut sekarang dia sudah memiliki 2 ekor sapi sendiri dan saya selalu menyarankan untuk memelihara sapinya dengan baik agar nanti kalau dijual bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat” tambah pak Jamal.
Sedangkan menurut keterangan Jeri, dia mengatakan bahwa”saya melakukan ini demi masa depan saya. Jika seandainya nanti saya sudah tamat dari bangku SMA dan sapi saya sudah banyak, saya bisa menjual sapi-sapi tersebut untuk biaya kuliah saya, yaa.... hitung-hitung saya menabung untuk 3 tahun yang akan datang agar beban orang tua saya tidak terlalu berat nantinya”.
Inilah aktifitas si Jeri yang setiap pulang sekolah dia pergi ke sawah untuk merumput, selain dia bisa membantu orang tuanya dia juga sudah mampu memikirkan masa depannya sendiri.* Azmi

No comments:

Post a Comment