Search This Blog

Tuesday, July 23, 2013

KAMPANYE HIV-AIDS OLEH DIKES KSB


Melihat kasus-kasus terkait HIV di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)  yang semakin mengkhawatirkan, Pemda KSB melalui Dinas Kesehatan KSB turun tangan untuk memberikan semacam pembinaan atau penyuluhan kepada masyarakat KSB khususnya pelajar. Berdasarkan data-data yang diambil dari puskesmas yang berada di wilayah KSB, hingga saat ini di KSB sudah terdapat 36 kasus penderita HIV. Angka ini merupakan angka tertinggi pertama di wilayah Pulau Sumbawa dan angka tertinggi kelima se-NTB. Dari 36 kasus tersebut didominasi oleh remaja usia 14-24 tahun dan diperkirakan jumlah ini akan semakin meningkat jika tidak segera ditanggulangi. “Kami hanya mampu memberikan kampanye ini untuk menghentikan penularan HIV. Kami sungguh berharap siswa-siswa kita dapat memiliki pengetahuan tentang HIV dan bahaya yang ditimbulkannya. Dengan pengetahuan tentang HIV yang mereka miliki mereka dapat mencegah penularan HIV. Tutur Yusfi khalid anggota tim Dikes KSB ketika menyambangi SMKN 1 Seteluk.
Kampanye yang dihadiri sekitar 60 siswa SMKN 1 Seteluk ini berlangsung tadi pagi pukul 10.00 WITA. Dalam kampanye ini siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan diberikan masalah yang berbeda-beda tentang HIV-AIDS dan PMS untuk didiskusikan bersama teman sekelompok. Usai diskusi siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.”Ternyata siswa-siswa kita sudah memiliki pengetahuan awal tentang HIV-AIDS dan PMS. Kami perlu memberikan pengetahuan yang lebih rinci lagi tentang seks bebas berserta bahaya yang ditimbulkannya seperti HIV-AIDS dan PMS dengan harapan siswa-siswa dapat segera mencegah jika sudah tahu dan mengenal HIV-AIDS dan PMS” imbuh Yusfi usai kampanye.
Kesimpulan yang dapat diambil dari kampanye tersebut sudah jelas. Agar tidak terkena HIV-AIDS, mencegah adalah satu-satunya pilihan. Kini siswa-siswa sudah dapat berbesar hati karena sudah tahu persis bagaimana caranya agar tidak terkena HIV-AIDS. Dengan kampanye ini siswa dapat ditegarkan jiwanya untuk menolak narkoba dan tidak melakukan seks bebas. (HW_Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment