Search This Blog

Friday, August 30, 2013

FASILITAS TERBATAS, PTK MENGANTRI VERVAL NUPTK 2013


NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian Pendidikan antara lain sertifikasi guru, Uji kompetensi, pendidikan dan Latihan. Selain itu NUPTK digunakan sebagai salah satu syarat guru mendapatkan berbagai tunjangan.
Melihat pentingnya NUPTK, seluruh guru dan staf yang sudah memenuhi syarat yang bekerja di sekolah saat ini mestinya memiliki NUPTK termasuk guru dan staf SMKN 1 Seteluk. Selama dua minggu terakhir ini guru dan staf SMKN 1 Seteluk sedikit disibukkan oleh verval NUPTK 2013. Salah yang paling disibukkan oleh kegiatan verval NUPTK 2013 adalah PTK yang ditunjuk sebagai pengelola sistem TIK sekolah Esemka Saset, Helmy Wahyunadi, S. Pd.. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar PTK membutuhkan bimbingan dalam verval NUPTK secara online. Ditambah lagi dengan fasilitas jaringan internet yang terbatas hanya untuk tiga orang membuat Helmy harus membantu PTK mengisi data secara online per tiga orang. Meski demikian, hari ini sudah 90% guru esemka saset yang sudah melengkapi data dan berkas untuk pengurusan NUPTK. Diakui helmy, hari Senin seluruh berkas yang terkumpul akan segera dibawa ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa Barat untuk melakukan verval tingkat kabupaten.
Sebagai tambahan informasi, Bagi PTK yang sudah mempunyai NUPTK, LPMP mengintruksikan untuk melakukan pemutakhiran NPUTK. PTK yang tidak melakukan pemutakhiran dalam jangka waktu yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri sebagai PTK dan harus melakukan registrasi lagi pada waktu yang akan datang sesuai dengan keputusan Kemdikbud. (HW_ Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment