Search This Blog

Thursday, September 5, 2013

Buku KWu Kelas XI SMK, Karya Guru KSB


Menjadi guru tidak hanya sebatas datang ke sekolah lalu mengajar dan pulang. Tetapi ternyata ada beberapa tugas dan fungsi lain sebagai guru yang jauh lebih penting. Seperti yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti P2TK tahun 2004 tentang tugas dan fungsi guru. Secara ringkas, Menurut Ditjen Dikti P2TK tahun 2004 guru bertugas dan memiliki fungsi untuk mendidik, mengajar,   membimbing dan melatih, membantu pengelolaan dan pengembangan program sekolah, dan mengembangkan keprofesionalan. Berdasarkan tugas dan fungsi itulah Masyhuri SE. M. M. bertekad untuk terus maju mengembangkan diri sebagai guru yang dapat menjalani tugas dan fungsinya dengan baik.
Masyhuri menyadari tindakan mengembangkan keprofesioalan sebagai guru pun tak kalah penting agar dapat mendidik mengajar, membimbing dan melatih, membantu pengelolaan dan pengembangan program sekolah dengan baik. Sebagai wujud tindakan itu, Masyhuri menerbitkan sebuah buku Kewirausahaan Kelas XI yang dikhususkan kepada siswa-siswa SMK. Masyhuri menerangkan penyusunan buku KWU kelas XI smk itu dilakukan dalam rangka mengikuti sayembara penulisan buku pengayaan yang diadakan Pusat Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud. Tersusunnya buku itu secara langsung dapat meningkatkan profesionalitas pada diri seorang guru.
“Seorang guru dapat berkarya salah satunya dengan cara menyusun sebuah buku untuk dapat digunakan peserta didik sebagai sumber belajar. Adanya sebuah buku hasil karya seorang guru dapat secara langsung membuktikan tingkat keprofesionalan guru. Tak hanya itu dengan sebuah buku pun pangkat seorang guru dapat dinaikkan” jelas Masyhuri.
Pak Uyik, begitu Masyhuri biasa dipanggil berharap suatu saat nanti buku yang dihasilkannya dapat digunakan oleh seluruh peserta didik SMK di Kabupaten Sumbawa Barat. Tidak menutup kemungkinan jika buku Kewirausahaan Kelas XI SMK itu lolos di sayembara penulisan buku pengayaan, maka akan dijadikan sebuah buku Kewirausahaan yang direkomendasikan secara nasional. “Menjadi guru janganlah hanya sekedar mengajar saja, selain mengajar lakukanlah sesuatu dengan cara berkarya untuk meningkatkan kualitas profesi sebagai guru. Jika tidak mampu berkarya sendiri, mulailah dengan cara bekerja sama. Ingat, satu karya jauh lebih baik daripada sejuta rencana dan wacana” Tambah uyik.
Semoga saja buku karya Masyhuri, SE. M. M. yang telah rampung itu dapat segera digunakan oleh siswa-siswa SMK se-KSB dan siswa-siswa se-Indonesia pada umumnya. Amin. (HW_Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment