Search This Blog

Wednesday, October 23, 2013

KUE BASAH DARI SUSU KERBAU


Berbagai daerah di Indonesia sudah pasti memiliki keunikan yang beragam karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Keragaman itu tak lain muncul oleh salah satu faktornya seperti potensi yang ada sehingga menjadikan daerah itu unik dari daerah yang lain. Mulai dari adat istiadatnya, bahasa, hingga ke masalah kuliner.
Nah, kalau berbicara tentang kuliner, ada satu jenis kuliner di Indonesia yang sangat unik. kuliner ini merupakan jenis kue basah yang berasal dari pulau Sumbawa. Kue basah ini oleh masyarakat Sumbawa disebut pelopo. Meski asalnya dari Sumbawa, namun tak semua daerah Sumbawa yang menghasilkan pelopo. Hanya daerah tertentu yang menghasilkan kue jenis ini, seperti Sumbawa barat dan sebagian daerah Sumbawa besar.
 Pelopo berbahan dasar susu kerbau dan gula merah. Itulah mengapa pelopo sulit ditemukan.  Bahan dasarnya yang berasal dari susu kerbau itulah yang sulit diperoleh. Sehingga pembuatan pelopo hanya terbatas pada daerah tertentu saja terutama daerah yang memiliki ternak kerbau yang banyak, seperti di Taliwang Sumbawa Barat dan sebagian daerah-daerah di Kabupaten Sumbawa Besar.
Pelopo paling enak jika dinikmati bersama dengan poteng lege yaitu sebutan masyarakat Sumbawa kepada tape dari beras ketan. Dua jenis kue basah ini memang saling melengkapi. Ibaratnya jika menyebut kata pelopo, poteng pun harus ada. Jadi jangan heran jika penjual pelopo selalu saja merangkap sebagai penjual poteng sekaligus. (HW_ Hendra Winata)

1 comment:

  1. mantap :) follow back ya http://blog-airsuning.blogspot.com/

    ReplyDelete