Search This Blog

Thursday, November 21, 2013

BULAN DESEMBER WARGA DESA SE - SETELUK SIAP TANAM PADI



Perubahan cuaca yang tidak menentu sekarang ini jelas akan mempengaruhi masa tanam dan panen padi para petani-petani kita, khususnya di NTB. Pada waktu sekitar 6 hingga 7 tahun yang lalu petani-petani di KSB saja sudah dapat menebar benih padi pada awal September bahkan pertengahan Agustus. Namun sekarang nampaknya petani-petani harus menunda waktu penebaran benih padinya seiring dengan masa penghujan yang semakin lama datangnya.

Nasib baik masih berada di pihak petani di sebagian daerah di Kabupaten Kota Sumbawa Barat Brang Rea dan sekitarnya. Dalam setahun petani-petani di sana dapat bercocok tanam hingga tiga kali panen. Hal ini terjadi lantaran daerah tersebut sangat dekat dengan sumber air. Pada awal musim penghujan tahun ini saja Desa Brang Rea sudah menebar benih padinya untuk pertama kalinya. Dan mereka sebenarnya sudah menebar benih sejak awal September yang lalu. Alhasil, padi mereka pun saat ini sudah berumur 2 bulan. 
Masih dalam satu kabupaten, situasi yang sangat berbeda terjadi pada desa-desa yang berada di Kecamatan Seteluk dan sekitarnya. Betapa tidak, di minggu ke tiga November ini mereka baru mulai menebar benih padi. Jauhnya sumber mata air menjadi salah satu penyebab petani Seteluk terlambat menebar benih. Selain itu, musim yang tidak menentu sekarang ini sudah pasti menjadi keluhan mereka. “Kemungkinan kami akan mulai menanam benih padi kami di awal Desember, semoga saja hasil panen kami nantinya melimpah”  tutur seorang petani di Tapir Seteluk (HW_Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment