Search This Blog

Monday, November 25, 2013

TAS DAUR ULANG DARI BEKAS MINUMAN




Pembaca Mesra pasti tidak menyangka bahwa tas ini terbuat dari gelas plastik bekas minuman. Sungguh indah bukan? Entah siapa penemu pertama tas cantik ini. Namun tak dapat disangkal bahwa tas yang cocok dibawa untuk mengisi belanjaan di pasar ini memang sedang ngetrend di kalangan ibu-ibu Seteluk.

Banyaknya sampah terutama bekas minuman plastic di daerah Seteluk membuat hati ibu-ibu di Seteluk tergerak untuk mengurangi tumpukan sampah tersebut dengan cara mendaur ulang dan dijadikan sesuatu yang lebih berguna dan bernilai ekonomis tinggi. Semenjak ngetrend-nya tas ini, ibu-ibu bahkan sampai anak-anak pun semakin semangat mengumpulkan sampah-sampah gelas plastik bekas minuman seperti Mountea, Ale-Ale, Netral, Jellydrink, Teh Gelas, Segarr, dan gelas plastik bekas lainnya yang sejenis. Semenjak itu pula gelas-belas plastik bekas itu tidak lagi dijual perkilo tetapi per 200 buah. Betapa berharganya gelas-gelas plastik itu hingga seorang ibu penjaga kantin pun sempat mengomel karena setumpuk gelas bekasnya dicuri. “Hmp! Sialan, gelas saya diembat lagi. Untung cuma 50 aja yang dicuri, kalo 200 gelas kan lumayan Pak bisa dapet 10 ribu!!”.
Benar juga, lumayan kan sampah yang awalnya tak berguna bisa dijual sepuluh ribu per 200 buah. Kembali si Ibu penjaga kantin menjelaskan tas buatannya. “Tas ini pak, saya jual enam puluh ribu!”. Aduh! Mahal juga ya? Padahal bahannya kan cuma dari gelas plastic bekas. “Iya, emang mahal soalnya bikinnya lama, seminggu baru jadi”. Jadi penasaran, gimana cara buatnya? “Gampang kok Pak, gelasnya digunting diambil cuma bagian kerasnya doang. Ini nih bagian paling atasnya. Proses guntingnya nih yang bikin lama, Pak. Kalo udah tergunting 200 buah, tinggal dirangkai aja pake senar, begituh :D
Semua orang sebenarnya dapat membuatnya sendiri jika mau. Terlalu mudah katanya, asalkan melihat sekali saja caranya pasti bisa. Benarkah? Mudah memang, hanya saja waktunya yang lama. Itulah sebabnya tas hand made dari sampah gelas plastic ini menjadi mahal. Dengan kreatifitas yang ada ini, semoga saja akan ada lagi produk-produk lainnya yang diciptakan dari sampah. Dengan begitu, sampah-sampah berserakan yang sebenarnya dapat diolah kembali akan menjadi berkurang (HW_ Hendra Winata).

11 comments:

  1. mantap,,,keren banget tasnya
    Creative dech pokoknya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. trm ksh :)
      semoga masyarakt daerah lain dpt mengikuti biar sampah2 berkurang :)

      Delete
  2. trm ksh :)
    semoga masyarakt daerah lain dpt mengikuti biar sampah2 berkurang :)

    ReplyDelete
  3. bisa g bagi cara membuatnya

    ReplyDelete
  4. Bagaimna cra pembuatanx? Dan apa sja bahanx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah di tulisan selanjutnya akan dibahas

      Delete
  5. itu berapa gelas pelastik yang di butuhkan untuk membuat satu tas

    ReplyDelete
  6. Gimana cara buatnya.
    Anak saya di suruh bikin ketrampilan seperti itu

    ReplyDelete
  7. ide kreatif! kalau ada kreasi lain aku tunggu

    ReplyDelete