Search This Blog

Sunday, November 3, 2013

LAPORAN KEGIATAN MOTIVATOR KM. MESRA SETELUK BULAN OKTOBER 2013




No.
Hari, Tanggal
Bentuk Kegiatan
Materi
Lokasi
Keterangan
1
Rabu, 9 oktober 2013
Diskusi ringan
Dodol rumput laut
Ruang Wakasek SMKN 1 Seteluk
Sekarang ini sudah banyak dikenal dodol dengan varian rasa seperti rasa nangka, sirsak dan durian. Tetapi ada jenis dodol yang unik yang bahan dasarnya merupakan salah satu komoditi daerah. Namanya dodol rumput lau rindang jati. Pak uyik sudah setahun lebih menekuni usaha dodol rumput laut ini bersama ibu-ibu rumah tangga di daerahnya. Saat ini beliau sedang menyusun proposal agar memperoleh dana pembelian alat-alat pembuat dodol sehingga usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan ini dapat berkembangan menjadi usaha yang besar.
2
Jum’at, 25 Oktober 2013
Persiapan lomba
Cipta menu B2SA
Rumah ibu Sri novita
Lomba kuliner “Cipta Menu B2SA” (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) merupakan program tahunan dari badan ketahanan pangan yang pada tahun 2013 digelar di Danau Lebo Taliwang. Salah satu tim dari kecamatan seteluk yaitu TP PKK dengan antusias melakukan persiapan untuk kompetisi ini. Persiapan yang dilkakukan bahkan sampai pada dini hari menjelang kompetisi. Meski budget yang disyaratkan ± Rp. 50.000,00 tetapi TP PKK berhasil menyiapkan banyak menu dan beragam. Ini karena kami menyarankan porsi menu agar dikurangi sehingga tidak melebihi budget yang disyaratkan.
3
Sabtu, 12 Oktober 2013

Diskusi ringan mengenai sosialisasi bahaya kanker

Bahaya Kanker
Ruang guru smkn 1 seteluk
Ternyata setiap tubuh manusia sudah memiliki bibit kanker yaitu setelah lepas dari ASI atau tepatnya seseorang mulai mengonsumsi makanan yang mengandung zat kimia.  Tanpa disadari, berada di bawah terik matahari terutama pada pukul 11.00-16.00 pun dapat menyebabkan kanker.

Sebagian besar orang mengolah makanan dengan caranya sendiri menganggap hal itu aman. Contohnya Menggunakan minyak jelantah  sekali tetapi penyimpanannya lebih dari 3 x 24 jam, menggunakan ikan dan daging yang keluar masuk frizer kulkas, dan membakar daging hewan dengan cara dibakar langsung. Padahal menurut Lembaga Peduli Kanker Indonesia semua itu dapat menimbulkan kanker. Tak hanya itu, mengonsumsi softdrink dan penyedap rasa yang sehari-hari tak lepas dari kehidupan kita pun dapat memicu tumbuhnya bibit kanker pada tubuh kita.
4
Minggu, 27 Oktober 2013
Main bola volley + bincang ringan
Perkembangan minat warga terhadap olahraga
RT 08/05 Desa Tapir Kec. Seteluk
Lomba bola volley yang pernah berlangsung di Tapir pada bulan September lalu tak hanya berhenti disitu saja. Setelah kompetisi berakhir, warga Desa Tapir dan dari desa-desa tetangga pun terus berdatangan untuk sekedar mengisi waktu luang untuk bermain volley. Ketika ditanya mengenai alasan mengapa lebih memilih bola volley, sebagian besar dari mereka memberikan jawaban yang sederhana yaitu “murah”. Warga hanya mengumpulkan sedikit uang bersama untuk membeli beberapa bola dan jaring serta tali raffia untuk membentuk lapangan.
5
Kamis, 31 Oktober 2013
Pemeriksaan kesehatan siswa + Diskusi Ringan
Pemeriksaan kesehatan siswa di wilayah Seteluk
Protocol SMKN 1 Seteluk
Sebagai bentuk kepedulian pemerintah demi melindungi siswa-siswi KSB dari bahaya narkoba, maka Puskesmas Seteluk pun mengambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan siswa di seluruh sekolah yang berada di wilayah kecamatan Seteluk. Pada pemeriksaan kesehatan tersebut siswa diukur tinggi dan berat badannya. Selain itu pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui siswa sudah pernah mengonsumsi narkoba atau tidak.
                                                                                                                               (HW_ Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment