Search This Blog

Tuesday, December 31, 2013

PEMBELAJARAN KOOPERATIF = PRESTASI SISWA LEBIH BAIK?



Halo pembaca Mesra! Masih ingatkah anda dengan Pembelajaran Langsung yang pernah kita bahas beberapa waktu lalu? Sesuai namanya, pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang didominasi oleh kegiatan guru alias teacher centered dan isi pelajaran disampaikan langsung kepada siswa. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Pembelajaran Langsung yang biasa disebut Direct Instruction sudah banyak ditinggalkan para guru. Kini banyak guru sudah beralih ke pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk lebih aktif dalam belajarnya (student centered). Konon, dengan menggunakan pembelajaran kooperatif prestasi siswa dirasa akan lebih baik dibanding prestasi siswa pada saat gurunya menggunakan pembelajaran langsung? Benarkah demikian?

Pada dasarnya setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, itu sangat bergantung dari kemampuan si guru dalam menggunakan model pembelajaran yang dipilihnya. Sarana prasarana, karakteristik siswa dan isi pelajaran juga menjadi factor utama keberhasilan dalam sebuah pembelajaran. Tentu saja penggunaan Pembelajaran Kooperatif bukan selamanya jaminan untuk siswa berprestasi lebih baik. Walaupun telah banyak yang membuktikan kehebatan Cooperative Learning dalam berbagai penelitan untuk menaikkan prestasi siswa dalam belajar. Sekali lagi tak selamanya Cooperative Learning memberikan hasil yang serupa dengan penelitian yang dikatakan “berhasil” tersebut. Hal ini dikarenakan sikon dan lingkungan belajar kelas yang berbeda di setiap tempat. Bisa saja Pembelajaran Langsung dapat memberikan hasil belajar siswa yang maksimal jika memang sang guru mampu menerapkan Pembelajaran Langsung dengan baik dengan didukung sarana yang ada disekitarnya.
Sebuah penelitian tindakan kelas pernah dilakukan Hendra Winata di SMPN 3 Lingsar Lombok Barat pada September - Oktober 2012. Penelitian yang dilakukan selama lebih dari lima minggu waktu itu bertujuan untuk membuktikan bahwa pembelajaran klasikal seperti Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) juga dapat membuat prestasi belajar siswa menjadi lebih baik bahkan lebih baik dari Cooperative Learning yang kata siswanya di sana  selalu digunakan guru mereka di setiap pertemuan sebelum penelitian. Singkatnya, hasil penelitian memberikan fakta yang memang sudah diduga sejak awal bahwa tidak selamanya Cooperative Learning menjadikan prestasi belajar siswa lebih baik daripada model pembelajaran yang lainnya. Jadi, janganlah terpaku hanya pada pembelajaran koopreatif saja.  marilah kita perkaya pengetahuan kita tentang model pembelajaran yang lain agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi. (HW_Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment