Search This Blog

Tuesday, January 7, 2014

LAPORAN KEGIATAN MOTIVATOR KM. MESRA SETELUK BULAN DESEMBER 2013



No.
Hari, Tanggal
Bentuk Kegiatan
Materi
Lokasi
Keterangan
1
Senin,
16 December 2013

Gotong Royong
-
Rumah warga desa yang berdekatan dengan sungai
Hujan yang mengguyur Desa tapir semenjak siang pukul 14.00 WITA  hingga 17.00 WITA sontak membuat warga desa cemas akan banjir yang mungkin segera datang pada sore itu. Hal ini membuat warga Desa Tapir terutama warga yang memiliki rumah di dataran yang rendah dan dekat dengan sungai mengambil tindakan untuk bersiap-siap dengan mengemas barang-barang mereka ke tempat yang aman. Selain sibuk mengamankan harta benda milik sendiri, Warga Desa Tapir yang berumah jauh dari sungai pun tak tinggal diam. Mereka turut membantu kerabat lain yang berumah dekat dengan sungai untuk membawa harta benda ke tempat aman jauh dari sungai.
2
Senin,
23 Desember 2013
Bincang Ringan
Membedakan madu asli dengan madu palsu
-    Rumah Pak Salim, Kampung Seteluk  Atas Dusun Mata Ai’
-    SMKN 1 Seteluk
Madunya asli gak, ya? Inilah pertanyaan yang paling sering muncul ketika kita akan membeli madu. Maraknya pembeli madu yang tertipu oleh penjual-penjual nakal yang sengaja menjual madu palsu tentu membuat kita sering curiga ketika ditawarkan madu oleh seorang penjual.
Masyarakat Sumbawa umumnya membedakan madu asli dengan yang palsu dengan cara madu dimasukkan ke freezer. Cara ini tentu kurang efektif jika kita akan membeli madu ke suatu tempat. Berkat bincang-bincang bersama rekan-rekan yang pernah membeli madu dan wawancara bersama Pak Salim yang saya kenal sesekali menjual madu, saya akhirnya memperoleh beberapa cara mengenali madu asli yang mungkin sebagian besar masyarakat Sumbawa tidak tahu.
3
Rabu,
25 Desember 2013

Bincang Ringan

Pembelajaran kooperatif tidak menjamin 100% prestasi belajar siswa menjadi lebih baik
Rumah Ibu Diana Desa Tapir
Konon katanya, dengan menggunakan pembelajaran kooperatif prestasi siswa dirasa akan lebih baik dibanding prestasi siswa pada saat gurunya menggunakan pembelajaran klasikal? Benarkah demikian? Pada dasarnya setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, itu sangat bergantung dari kemampuan si guru dalam menggunakan model pembelajaran yang dipilihnya. Sarana prasarana, karakteristik siswa dan isi pelajaran juga menjadi factor utama keberhasilan pembelajaran. Tentu saja penggunaan Pembelajaran Kooperatif bukan selamanya jaminan untuk siswa berprestasi lebih baik.
4
Sabtu,                       28 Desember 2013
Rapat Dewan Guru
Pembagian tugas dan paparan dana sekolah
SMKN 1 Seteluk
Rapat pembagian tugas beban bagi setiap tenaga pendidik dan kependidikan memang sudah menjadi agenda rutin setiap awal semester. Pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 ini seluruh guru yang  berstatus PNS sudah mendapat tugas mengajar minimal 24 jam seminggu. Sementara beberapa guru honorer alias pegawai tidak tetap terpaksa harus dinonaktifkan karena tidak mendapat tugas mengajar cukup.
5
Sabtu,                       28 Desember 2013
Acara perpisahan
Perpisahan dengan Pak Masyhuri, S. E., M. M.
-     Rumah Pak Masyhuri, Tambak Sari
-     SMKN 1 Seteluk
Bersamaan dengan kegiatan pembagian raport beserta hadiah dan piagam penghargaan siswa-siswa juara kelas, suasana haru meliputi acara perpisahan melepas kepergian Masyhuri ke tempat tugasnya yang baru. Pindahnya Masyhuri ke tempat asalnya tak hanya meninggalkan SMK Seteluk, Kampung Media KSB juga patut merasa kehilangannya. Masyhuri yang merupakan motivator Kampung Media Instan Poto Tano dikenal giat memberikan motivasi menulis kepada motivator dan penulis lainnya di KM KSB seperti KM Mesra Seteluk dan KM Serambi Brang Rea. Berkat beliau pula, KM Mesra Seteluk yang awalnya tidak aktif kini semakin termotivasi dan mulai aktif menyiarkan informasi melalui tulisan di blog Kampung Media.
                                                                                                                               (HW_ Hendra Winata)

No comments:

Post a Comment