Belajar tanpa mempraktikkan apa yang
dipelajari tentu memberikan hasil belajar yang kurang baik. Apalagi objek yang
dipelajari berkaitan dengan masalah teknis, tentu kegiatan praktikum akan
menjadi kegiatan terpenting dalam proses belajar. Oleh karena itu lembaga
pendidikan yang menampung peserta didik mestinya menyediakan sarana dan
prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diinginkan.
Sekolah kejuruan yang merupakan lembaga
pendidikan adalah salah satu lembaga yang mementingkan kegiatan praktikum.
Mereka harus diberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan sarana dan prasarana
kegiatan praktikum. Tanpa sarana dan prasarana praktikum yang baik peserta didik tidak akan mampu belajar teknis
kejuruannya dengan baik.
Selama beberapa bulan terakhir siswa jurusan
perikanan Esemka Saset bertanya-tanya kapan mereka akan memiliki kolam untuk
kegiatan praktikum. Hal ini diutarakan Masyhuri, SE, M. M., yang menyebutkan siswanya yang sudah tak sabar
lagi untuk segera memiliki kolam yang baik. Memang, SMKN 1 Seteluk sudah
memiliki 4 kolam, tetapi sudah tidak berfungsi dengan baik akibat banjir yang
pernah melanda Seteluk awal Januari lalu.
Menanggapi keinginan siswa-siswa tersebut, Syalimsyah
pun tak tinggal diam. Syalimsyah yang baru menjabat sebagai Kepala Sekolah Esemka
Saset sejak Juli 2013 pun segera mendatangkan escavator dari Sumbawa Besar
untuk mengerjakan proyek pengerukan kolam ikan di sekolah itu. Tak
tangung-tanggung, 4 kolam sekaligus telah rampung dan siap dipakai untuk
kegiatan praktikum. Dengan begitu, kini Esemka Saset sudah memiliki 8 kolam
ikan dengan 4 kolam yang lama akan dipakai sebagai pembesaran induk. Menurut Juniawan,
S. Pi., seorang guru produktif perikanan, kolam yang baru akan segera
difungsikan pada September nanti untuk pembenihan dan pembibitan.
Terjawab sudah permintaan para siswa
perikanan esemka saset selama ini. Mereka kini sudah dapat mempraktikan segala
teori yang berkaitan dengan budidaya ikan yang sudah didapatkan. Dengan begitu,
kompetensi siswa perikanan dapat ditingkatkan tak hanya dari penguasaan teori
saja tetapi juga kemampuan mempraktikkan teori yang diperoleh. (HW_HendraWinata)
No comments:
Post a Comment